Sunday, November 8, 2009

Waktu

Waktu adalah suatu hal yang ga punya toleransi. Kenapa? karna waktu itu ga bisa diundur, ga bisa berputar balik, ga bisa dipercepat, ataupun diperlambat. Tanpa disadari, gw atau mungkin semua orang punya 'masalah' sama yang namanya waktu. Mungkin karna merasa waktu dalam sehari kurang, atau sebagainya.
Seiring berjalannya waktu, pasti ada saat dimana kita pengen balik lagi ke masa lampau, dan kebanyakan mungkin karna kangen dan ingin jika keadaan pada waktu itu terulang lagi di saat sekarang. Tapi, apa yang terjadi jika situasi pada waktu lampau itu bukanlah suatu hal yang kita inginkan?apakah kita ingin kembali ke masa itu? pasti kebanyakan dari kita akan menjawab 'tidak'. Hal ini mungkin disebabkan karna semua orang ingin jika keadaan yang dialami adalah keadaan yang disukai.

Gw akui, gw juga seperti itu. Gw ga mau jika gw kembali ke masa dimana gw merasa ga nyaman atau keadaan dimana suatu tanggung jawab itu dituntut (misalnya saat ujian). Tapi setelah gw pikir - pikir, kadang gw merasa ingin kembali ke masa itu. Kenapa? karna terkadang gw merasa menyesal (pengalaman pribadi) dan berharap 'coba gw dulu ga kyk gitu' atau 'coba dulu gw lebih rajin' dan sebagainya. Itulah alasan kenapa kadang terpikir di benak gw untuk kembali ke masa lalu selain karna gw merasa kangen.

Waktu emang kejam, ga bisa diminta untuk berputar kembali. Yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha supaya ga nyia - nyiain waktu. Karna, sebahagia atau sesulit apapun keadaannya, pasti suatu hari kita pasti ingin kembali ke saat ini, entah itu karna merasa kangen (kalau ini,ok) ataupun karna merasa menyesal karna telah melakukan kesalahan (ini yg ga ok). Jadi waktu sangatlah berharga, jadi harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan jangan sampai kalau ingin kembali ke masa lalu hanya karna menyesal, tapi sebaiknya kembai ke masa lalu karna kangen.

Mungkin gampang jika mengatakan 'jangan menyia - nyiakan waktu', karna realisasi jauh lebih sulit dibandingan berkata 'iya' untuk setiap nasehat. Inilah yang saat ini sedang gw hadapi, karna semakin 'tua' alias semakin dewasa, semakin banyak pula suatu tanggung jawab yang 'dituntut', dan itulah yang sulit dilakukan. Saat ini 'tuntutan' yang wajib dilakukan adalah mungkin harus 'menderita' entah itu karna harus belajar ataupun karna harus memulai suatu pengalaman kerja. Suatu saat nanti (mungkin di hari tua), baik atau buruk keadaannya, 'perjalanan' itu pasti indah untuk dikenang dan menurut gw, kesalahan di masa lampau adalah suatu proses pendewasaan diri untuk masa - masa yang akan datang.

6 comments:

  1. cieeeeeeeee laren.. dalem euy ngomongnya...
    iya ren. gw pernah bahas tentang waktu ini di blog setahun yg lalu. ahahaha..

    gw juga suka kangen ren. kangen sama masa2 dulu, tapi klo kita ga maju2, gw juga ga mau, gw penasaran sama apa yg bakal terjadi dengan gw di masa depan.. hehe

    ReplyDelete
  2. O pernah juga ya?hahah....
    iya kgn juga sm masa lalu,,kadang pgn bgt juga waktu bs muter balik untuk ngapus kesalahan di masa lalu...tp pgn bgt juga tw apa yg terjadi di masa depan,,,tp kunci dari semua nya ya Hari ini,,,hehe...

    ReplyDelete
  3. Ini goresan tangan laren??
    Bener kata presy, dalem euy omongannya..
    Kalo gw pribadi sih pengen kembali ke masa lalu, tp hanya masa-masa yang indah aja.. (itu juga semua orang pasti mau)..
    Tapi tenang aja ren, masa lo yang sekarang lebih baik kok, karena lo punya temen kaya gw.. hehehe

    ReplyDelete
  4. hahaha,,,bisa aja lo hil..
    aminn smoga waktu saat ini lebih baik,hehe..
    Hilda,,blog nya gw link ke blog gw y...

    ReplyDelete
  5. Oke laren, thnx ya..
    blog lo jg gw link ge blog gw ya..

    ReplyDelete
  6. yuuuupa..

    masa lalu emang guru yang paling baaaik.

    orang tua yang udah mengalami kesalahan di masa lalu, ingin anaknya tidak mengulangi salah yang sama... cuma kadang mereka tidak bisa menyampaikan pesannya sesuai dengan aura remaja...

    ReplyDelete